Amankah Waxing?

1 663

Apa yang ada di benak Anda ketika mendengar kata waxing? Ya, salah satunya adalah rasa sakit ketika menghilangkan rambut pada area tertentu di tubuh Anda.

Waxing adalah metode semi permanen dalam hal Hair removal atau menghilangkan rambut dan bulu-bulu yang biasanya terdapat pada tubuh manusia, baik laki-laki maupun perempuan. Sebut saja area alis, wajah, daerah bikini, kaki, lengan, punggung, perut dan kaki merupakan area tubuh yang biasa menjadi “daerah langganan” waxing dilakukan.

Waxing dilakukan dengan cara menyebarkan lilin secara tipis di atas area dimana rambut/ bulu ingin dihilangkan. Sebuah strip kain atau kertas kemudian ditekan di atas dan dirobek dengan gerakan cepat melawan arah pertumbuhan rambut. Cara ini juga menghilangkan lilin bersama dengan rambut.

Dengan cara ini, rambut baru tidak akan tumbuh kembali untuk waktu 2-8 minggu, meskipun pada beberapa orang akan mulai terlihat pertumbuhan kembali hanya dalam seminggu.

Manfaat dan kelemahan

Ada banyak manfaat waxing dibandingkan bentuk lain dari menghilangkan rambut. Yaitu, waxing merupakan metode yang efektif untuk menghilangkan sejumlah besar rambut pada satu waktu. Rambut di daerah yang di waxing tidak akan tumbuh kembali selama dua sampai delapan minggu. Ketika rambut dicukur atau dihapus oleh krim obat menghilangkan rambut, rambut akan dihapus pada permukaan tidak sampai akarnya, dan dalam beberapa hari rambut terlihat lagi pada permukaan kulit. Selain itu, dengan metode ini, rambut cenderung tumbuh kembali dalam bentuk yang kasar. Sedangkan, dengan berulang kali waxing dan selama jangka waktu yang lama sering menunjukkan pertumbuhan kembali yang lebih lembut.

Selain memiliki manfaat, ada banyak kekurangan dari waxing juga. Waxing dapat menyakitkan ketika strip dihapus dari kulit. Meskipun rasa sakit ini tidak tahan lama, tapi akan sangat terasa, terutama di daerah yang lebih sensitif. Kelemahan lain untuk waxing adalah masalah mahalnya biaya untuk melakukan waxing.

Kelemahan waxing juga terjadi, ketika waxing dihapus melawan arah pertumbuhan rambut, strip lilin dapat mengganggu akar rambut, menyebabkan rambut mulai tumbuh di arah yang berbeda. Hal ini dapat menyebabkan pertumbuhan rambut menjadi lebih terlihat. Tapi, hal ini tidak akan terjadi jika waxing dilakukan dengan benar.

Oleh karena itu, sebelum melakukan waxing pastikan bahwa area yang akan di waxing tidak memiliki luka, seperti jerawat atau ruam kulit. Karena luka pada saat melakukan waxing, terutama pada bulu ketiak memudahkan timbulnya penyakit seperti radang, bengkak dan infeksi. Jika terjadi iritasi yang terus menerus, maka bisa menyebabkan mutasi sel. Hal ini memungkinkan terjadinya kanker payudara.

So, dapat dipastikan waxing aman untuk dilakukan, kecuali kalau Anda alergi terhadap kandungan obatnya. Jika ternyata terjadi iritasi pada kulit, segera bersihkan menggunakan air dan sabun. Untuk amannya, Anda bisa meminta bantuan tenaga profesional untuk melakukannya. Selamat mencoba!

sumber : http://www.inspirasisehat.com

Category: CoretanKu, Sekilas Info
author
Seorang guru di pinggiran Kalimantan Selatan tepatnya di kecamatan Daha Selatan, Kab. Hulu Sungai Selatan. Mengajar di SMPN 4 Daha Selatan. Untuk mengenal atau pasang iklan di blog ini silakan kirim email ke shaleh17@gmail.com