Cara Cek Tunjangan Profesi, Tunjangan Fungsional dan Tunjangan Khusus Anda

shaleholic.com - Salah satu profesi yang paling banyak persaingannya saat ini di Indonesia adalah Guru. Kenapa saya bilang begitu banyak persaingannya karena MK (Mahkamah Konstitusi) telah menetapkan bahwa untuk menjadi guru tidak harus menjadi Sarjana Pendidikan tapi boleh sarjana-sarjana lain. Dulu Sarjana pendidikan atau guru begitu diremehkan bahkan banyak cerita ketika para S.Pd ini melamar ke perusahaan swasta (pasti) akan tertolak dengan halus. Entah kenapa S.Pd dianggap tidak bisa bersaing dgn Sarjana umum lainnya.

Namun S.Pd (atau teman sering bilang Sarjana Penuh Derita karena sulitnya mencari kerja) itu kini hanya menjadi sebuah cerita di masa lampau karena guru kini telah menjadi salah satu profesi yang paling menjanjikan secara materi semenjak banyaknya tunjangan yang didapatkan bahkan kampus-kampus pun berlomba mendirikan jurusan baru demi menampung para peminat guru yang terus membludak setiap tahunnya. Bahkan ada yang rela masuk kelas Mandiri (tentu bayarnya lebih mahal daripada reguler) demi bisa kuliah pendidikan.

Ada beberapa tunjangan yang diterima para guru sekarang yaitu Tunjangan Profesi, Tunjangan Fungsional dan Tunjangan Khusus. Ketiga tunjangan tersebutlah yang menjadi magnet bagi para muda-mudi sekarang untuk jadi guru apalagi tunjangan profesi dan tunjangan khusus yang nominalnya setara gaji pokok sebulan.

Sebelum saya menjelaskan bagaimana Cara Cek Tunjangan Profesi, Tunjangan Fungsional dan Tunjangan Khusus, Anda sebaiknya memverifikasi data ptk anda terlebih dahulu karena sekarang semua tunjangan untuk guru maupun bantuan untuk sekolah tergantung dari verifikasi data ptk yang dilakukan secara online tersebut. Kalau anda belum mengetahui apa itu verifikasi data ptk silakan klik link ini Yuk, Verifikasi Data PTK Anda.

Kalau ternyata data ptk anda tidak valid dan Jam Linier masih bertanda merah maka itu artinya anda tidak akan mendapatkan tunjangan sertifikasi lagi kecuali anda terus mengupdate data hingga jam linier itu berubah menjadi 24 jam atau lebih.

Baiklah kembali bagaimana Cek Tunjangan Profesi, Tunjangan Fungsional dan Tunjangan Khusus Anda, berikut saya berikan urutannya :

  1. Buka link ini http://116.66.201.163:8000/
  2. Kemudian isi data NUPTK dan Password anda (Passwordnya sama dengan web verifikasi data ptk yaitu TBTL anda (Tahun Bulan Tanggal Lahir). Misal : Anda lahir Tanggal 20 Maret 1986 maka passwordnya adalah 19860320
  3. Setelah itu, anda akan melihat apa anda mendapat tunjangan apa tidak, berikut saya tampilkan contoh yang menerima tunjangan dan yang tidak menerima tunjangan
tunjangan profesi

Menerima Tunjangan Profesi

Tunjangan Profesi

Tidak Menerima Tunjangan Profesi

Nah, itulah Cara Cek Tunjangan Profesi, Tunjangan Fungsional dan Tunjangan Khusus yang anda terima. Jadi cek sekarang!

Category: CoretanKuTags:
author
Seorang guru di pinggiran Kalimantan Selatan tepatnya di kecamatan Daha Selatan, Kab. Hulu Sungai Selatan. Mengajar di SMPN 4 Daha Selatan. Untuk mengenal atau pasang iklan di blog ini silakan kirim email ke shaleh17@gmail.com