Cara Mudah Mengecek Data NUPTK Online Terbaru

0 1178
cek nuptk online

sumber : Pribadi

shaleholic.com - Bagi guru tentunya memiliki NUPTK (Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan) adalah sebuah kewajiban karena sekarang rata-rata aplikasi yang digunakan oleh kemdikbud selali ditanyakan NUPTK. Salah satu aplikasi yang lagi hebok adalah dapodik guru dikdas, dimana NUPTK menjadi syarat wajib agar data seorang PTK bisa diverifikasi. Kenapa wajib? Karena untuk masuk ke dalam pemeriksaan data ptk, nuptk dijadikan sebagai username maka kalau kita tidak memiliki nuptk maka tidak mungkin bisa melihat data kita.

Pembuatan NUPTK (Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan) sendiri dihentikan sejak 1 Januari 2012 yang lalu dan sampai hari ini belum juga keluar perintah agar dibuka kembali layanan tersebut namun berdasarkan info, layanan NUPTK (Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan) ini akan dibuka sekitar bulan Juni atau Juli 2013 nanti.

Apa itu NUPTK?

Memang tak semua guru kadang tahu apa itu NUPTK. NUPTK (Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan) adalah nomor identitas yang bersifat nasional untuk seluruh PTK (Pendidik dan Tenaga Kependidikan). NUPTK terdiri dari 16 angka yang bersifat tetap karena NUPTK yang dimiliki seorang PTK tidak akan berubah meskipun yang bersangkutan telah berpindah tempat mengajar atau terjadi perubahan data periwayatan.

NUPTK diberikan kepada seluruh PTK baik PNS maupun Non-PNS sebagai Nomor Identitas yang resmi untuk keperluan identifikasi dalam berbagai pelaksanaan program dan kegiatan yang berkaitan dengna pendidikan dalam rangka peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan.

Manfaat untuk tenaga pendidik yang memiki NUPTK adalah:

  • 1. Berpartisipasi dalam sebuah proses/mekanisme pendataan secara nasional sehingga dapat membantu pemerintah dalam merencanakan berbagai program peningkatan kesejahteraan bagi tenaga pendidik.
  • 2. Mendapatkan nomor identifikasi resmi dan bersifat resmi dan bersifat nasional dalam mengikuti berbagai program/kegiatan yang diselenggarakan oleh pemerintah pusat/daerah.

Cara Mendapatkan NUPTK

Memang untuk sementara layanan NUPTK sedang dihentikan namun tak ada salahnya bagi yang belum memiliki NUPTK untuk bersegera mengisi form yang bisa bapak/ibu guru dapatkan di dinas pendidikan kabupaten/kota masing-masing namun bagi yang malas ke disdik kabupaten/kota bisa saja mengunduh formulir pendaftarannya disini. Silakan klik link unduh dibawah ini untuk mendaftar cara pengisian dan formulir pendaftaran NUPTKnya.

download samsung pc studio

Namun sebelum anda mengunduh formulir NUPTK tersebut ada baiknya anda mengetahui Persyaratan Mendapatkan NUPTK. Persyaratan standar minimal tentang PTK yang bisa dijaring baik pendidikan Formal maupun Non Formal untuk mendapatkan NUPTK

Persyaratan umum:
  1. WNI dan WNA yang sudah naturalisasi
  2. Menjadi Pendidik (melakukan tatap muka di depan kelas) dan Tenaga Kependidikan (menunjang proses pendidikan) baik pada pendidikan formal maupun non formal, PNS maupun non PNS dan baik dibawah binaan Kemdiknas maupun Kemenag.
Persyaratan Khusus :
a. PTK Pendidikan Formal
  1. Untuk PNS/CPNS yang dibuktikan dengan bukti SK Penetapan sebagai Guru/Pendidik untuk segera dilakukan proses pendataan berdasarkan bukti fisik pendukung.
  2. Untuk Non PNS pendataan usulan baru dilakukan  maksimal 2 (dua) kali dalam setahun (pada bulan Juni dan Desember menjelang awal semester) dengan syarat : Minimal telah memiliki masa kerja 2 tahun yang dibuktikan dengan SK Penugasan dari lembaga yang berwenang.
b. PTK Non Formal
Segera melakukan pendataan PTK-PNF berdasarkan bukti fisik pendukung. Pengusulan NUPTK bagi PTK-PNF dengan syarat :
  1. Sampai akhir tahun 2010 semua PTK PNF segera dimasukkan ke dalam database SIM NUPTK- PNF untuk diproses generate NUPTK.
  2. Mulai tahun 2011, PTK-PNF yang diusulkan masuk database SIM NUPTK PNF minimal memiliki masa kerja 2 tahun (TMT minimal bulan Juli tahun 2009).
  3. Lembaga/instansinya terdaftar di dinas pendidikan setempat

Cara Mengecek Data NUPTK dengan NUPTK WebBrowser

Setelah anda memiliki NUPTK kini saatnya anda mencoba untuk mengetahui apa NUPTK anda sudah diterima atau belum.  Salah satu paling mudah untuk mengetahui NUPTK tersebut adalah dengan menggunakan NUPTK Web Browser. Aplikasi NUPTK Web Browser ini tidak perlu anda download karena dia bersifat portable. Dalam penggunakan NUPTK Web Browser ini komputer anda harus tetap dalam keadaan online. NUPTK Web Browser yang akan saya berikan ini merupakan versi terbaru yaitu NUPTK WebBrowseer v176-15. Untuk memiliki NUPTK WebBrowser tersebut, silakan unduh melalui link di bawah ini :

download samsung pc studio

Category: CoretanKuTags:
author
Seorang guru di pinggiran Kalimantan Selatan tepatnya di kecamatan Daha Selatan, Kab. Hulu Sungai Selatan. Mengajar di SMPN 4 Daha Selatan. Untuk mengenal atau pasang iklan di blog ini silakan kirim email ke shaleh17@gmail.com