Menulis Buku Harian

0 4131

shaleholic.com - Buku harian merupakan suatu bentuk tulisan pribadi. Dalam buku harian, kamu dapat mengungkapkan pikiran dan perasaanmu secara jujur. Buku harian berguna untuk mencurahkan isi hatimu. Pemikiranmu tentang berbagai hal dapat kamu ungkapkan dalam buku harian. Berbagai perasaan; rasa senang, rasa sayang, rasa hormat, atau rasa kesal juga dapat kamu tuliskan dalam buku harian. Buku harian yang ditulis pada usia remaja disebut buku harian masa remaja. Sebagian remaja menyebut buku harian dengan diary. Biasanya, buku harian masa remaja lebih banyak mengungkapkan petualangan menemukan sesuatu yang menggugah perasaan atau juga indahnya cinta remaja.

Buku harian bersifat rahasia sehingga apa yang kamu tulis tidak akan diketahui oleh orang lain. Seseorang tidak boleh membaca buku harian orang lain tanpa seizin pemiliknya. Oleh karena itu, rahasia kamu akan terjaga aman. Tidak jarang kamu akan merasa lega setelah mencurahkan perasaan kamu dalam buku harian. Sebagai contoh, ketika kamu merasa jengkel kepada seseorang, kamu dapat mencurahkan kejengkelan tersebut dalam buku harian. Dengan mencurahkannya dalam buku harian, kamu akan merasa lega karena perasaan jengkel itu tersalurkan dan menjadi berkurang.

Buku harian juga dapat membantu kamu menjadi pribadi yang lebih baik. Dengan menulis semua pengalaman, kejadian, pikiran, dan perasaan yang dialami, kamu dapat mengambil hikmah dari semua itu dan dapat menjadi pelajaran untuk waktu yang akan datang. Selain itu, kamu juga dapat mengetahui kekurangan atau kesalahan yang kamu perbuat sehingga kamu pun belajar untuk memperbaikinya. Menulis buku harian sangat menyenangkan karena kamu dapat menuliskan dengan gaya bahasamu sendiri.

Kamu tidak harus menggunakan kalimat yang baik, tetapi boleh menulis dengan menggunakan "bahasa gaul". Penulisan buku harian sering menggunakan kalimat ekspresif. Kalimat ekspresif adalah kalimat yang mampu mengungkapkan gambaran, maksud, gagasan dan perasaan. Kalimat ekspresif merupakan kalimat yang spontan keluar dari pikiran dan perasaan yang dalam. Ada beberapa unsur yang harus ada dalam tulisan di buku harianmu. Unsur-unsur itu adalah :

  1. Tempat.
  2. Waktu.
  3. Peristiwa.
  4. Perasaan yang dialami.

Contoh penulisan dalam buku harian :

contoh buku harian

BSE Kompetensi Berbahasa Indonesia 1 untuk SMP/MTs Kelas VII Karya Ratna Susanti, Hal. 16

 

menulis buku harian

BSE Kompetensi Berbahasa Indonesia 1 untuk SMP/MTs Kelas VII Karya Ratna Susanti, Hal. 17

sumber :
  1. BSE Kompetensi BERBAHASA INDONESIA Karya Nia Kurniati Sapari SMP dan MTs Kelas VII, Hal.25
  2. BSE Aktif Berbahasa Indonesia Karya Dewi Indrawati & Didik Durianto Untuk SMP/MTs Kelas VII, Hal 34
  3. BSE Kompetensi Berbahasa Indonesia 1 untuk SMP/MTs Kelas VII Karya Ratna Susanti, Hal. 16-17

 

Category: Papan Tulisku, PendidikanTags:
author
Seorang guru di pinggiran Kalimantan Selatan tepatnya di kecamatan Daha Selatan, Kab. Hulu Sungai Selatan. Mengajar di SMPN 4 Daha Selatan. Untuk mengenal atau pasang iklan di blog ini silakan kirim email ke shaleh17@gmail.com