Perbandingan Toyota Avanza, Daihatsu Xenia dan Suzuki Ertiga

5 7939

Punya dana maksimal Rp 180 juta dan Anda ingin mencari mobil MPV? Setidaknya ada 3 yang bisa Otolovers pilih yakni Toyota Avanza, Daihatsu Xenia dan Suzuki Ertiga. Bagaimana perbandingan ketiganya?

Mesin

Suzuki Ertiga menggunakan mesin bensin tipe K-Series terbaru berkapasitas 1.373 cc yang se-platform dengan Suzuki Swift. Suzuki pun mengklaim kalau mobil ini adalah mobil MPV dengan kenyamanan sekelas sedan. Dari pengetesan detikOto, mobil ini sanggup menembus angka konsumsi BBM 1:12 di perkotaan. Lumayan irit. Sayang karena masih model baru, tidak banyak varian mesinnya. Belum ada pilihan transmisi otomatisnya.

Mesin Ertiga memiliki tenaga sampai 95 Ps pada 6.000 RPM dan torsi 130 Nm pada 4.000 RPM lumayan responsif. Akselerasi awal lumayan cepat. Perpindahan gigi 1,2,3,4,5 sangat lembut dan tidak ada hentakan. Harganya berkisar antara Rp 143 juta sampai Rp 165 juta untuk tipe teratas. Tetapi harga ini bakal mengalami kenaikan sampai Rp 2 juta untuk semua tipe.

Sementara Avanza memiliki varian mesin yang lebih banyak mulai dari 1.300 cc sampai 1.500 cc. Dengan berbagai tipe mulai dari E,G dan tertinggi yakni Avanza Veloz. Semua tipe ini memiliki pilihan transmisi manual dan otomatis. Dengan harga mulai Rp 146,750 juta sampai Rp 183,9 juta. Untuk mesin 1.300 cc Avanza memiliki tenaga sampai 92 ps pada putaran 6.000. sementara mesin 1.500 cc-nya memiliki tenaga 13,9 ps. Pada beberapa kesempatan detikOto, mobil ini di perkotaan memiliki konsumsi BBM 1:10 untuk transmisi otomatis (Avanza Veloz).

Dari ketiga mobil ini Daihatsu Xenia merupakan pilihan yang tersedia dengan harga paling murah dengan harga mulai Rp 128,6 juta. Karena mesinnya pun kecil yakni mulai 1.000 cc sampai 1.300 cc. Mesin Xenia memiliki tenaga sampai 63 ps untuk mesin 1.000 cc 3 silinder dan 92 ps untuk mesin 1.300 cc 4 silinder. Dari pengetesan detikOto mesin Xenia tertinggi memiliki konsumsi BBM 1:11. Kapasitas tangki ketiganya mencapai 45 liter.

Ukuran mobil

Avanza memiliki ukuran panjang 4.140 mm, dengan lebar 1.660 mm, tinggi 1.695 mm.

Sementara Xenia memiliki dimensi panjang, lebar, tinggi sebesar 4.140 x 1.660 x 1.685, khusus untuk tipe X dan R dimensi sedikit berubah menjadi    4.140 x 1.660 x 1.695.

Ertiga memiliki bodi yang lebih panjang dari ketiganya. Dimensi Ertiga mencapai PxLxT 4.265 x 1.695 x 1.685.

Interior

Untuk interior, detikOto melirik varian tertinggi dari semua tipe. Yakni Suzuki Ertiga GX, Avanza Veloz, dan Daihatsu Xenia R Sporty. Di semua tipe ini kecuali Xenia sudah tersemat fitur pengukur konsumsi BBM yang menunjukkan jarak tempuh atau kondisi bahan bakar yang ada di kendaraan. Jadi Anda bisa mengecek sendiri berapa konsumsi BBM Anda.

Untuk Audio, hanya Daihatsu Xenia R Sporty yang memiliki layar touch screen dan juga GPS. Mobil yang lain menggunakan audio Double DIN dan tidak ada GPS. Untuk penyejuk kabin, Ertiga memiliki satu kelemahan karena, hembusan AC-nya kurang terasa sampai ke bagian belakang. Sementara kedua lawannya sudah memiliki double blower. Namun Ertiga memiliki tempat botol minuman yang unik di sisi kiri penumpang depan.

Warna

Avanza memiliki warna seperti Silver Mica Metallic, Dark Steel Mica, Light Blue Metallic, Maroon Mica, Gray Mica, Champagne Metallic, White, Black Metallic

Daihatsu Xenia memiliki 8 pilihan warna mulai dari classic silver, dark grey metallic, dark steel, exotic baige, Icy white, light blue, midnight black, dan royal red.

Sementara Ertiga juga memiliki 8 pilihan dusky brown, serena blue, pearl white, cool black metallic, silky silver metallic, graphite gray metallic, radiant red, danburgundy red.

Sasis

Xenia R Sporty

  • Suspensi depan Mac Pherson Struts dengan per keong dan stabilizer
  • Suspensi belakang: 5-5-link, rigid-axle dengan per keong
  • Ban berukuran 185/70 R14

Avanza Veloz AT:

  • Suspensi Depan Macpherson Strut dengan per keong
  • Suspensi Belakang 4 Link w/ Lateral Rod dengan per keong
  • Ukuran Ban 185/65 R15

Ertiga GX

  • Suspensi depan MacPherson Strut dengan per keong
  • Suspensi belakang Torsion Beam dengan per keong
  • Ukuran ban 185/65 R15

Akhir tulisan ini jangan lupa kalau sudah punya mobil segeralah miliki car insurance rates agar mobil anda terlindungi dari hal-hal yang tidak kita harapkan. misalnya kecelakaan maupun pencurian. Ayo segera daftarkan mobil anda ke asuransi mobil terdekat. Jangan lupa juga pilih asuransi mobil yang benar-benar dipercaya.

sumber : http://oto.detik.com

Category: Sekilas InfoTags:
author
Seorang guru di pinggiran Kalimantan Selatan tepatnya di kecamatan Daha Selatan, Kab. Hulu Sungai Selatan. Mengajar di SMPN 4 Daha Selatan. Untuk mengenal atau pasang iklan di blog ini silakan kirim email ke shaleh17@gmail.com