Ujian Nasional SD dihapus berdasarkan PP No.32 Tahun 2013

0 2535
un sd dihapus

sumber : teenvoice.co.id

shaleholic.com - Ujian Nasional untuk sekolah dasar tahun ini akan menjadi yang terakhir karena berdasarkan Peraturan Pemerintah No.32 Tahun 2013 TENTANG PERUBAHAN ATAS PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 19 TAHUN 2005 TENTANG STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN dikatakan dalam pasal  Pasal 67 Ayat (1a) PP No. 32/2013 tersebut berbunyi, “Ujian Nasional untuk satuan pendidikan jalur formal pendidikan dasar sebagaimana dimaksud, dikecualikan untuk SD/MI/SDLB atau bentuk lain yang sederajat,”. Selanjutnya pada pada Ayat (2a) Pasal 69 PP itu ditegaskan, peserta didik SD/MI/SDLB atau bentuk lain yang sederajat dikecualikan dari ketentuan mengikuti Ujian Nasional.

Dengan adanya PP No.32 Tahun 2013 ini maka tentunya para guru juga dituntut untuk benar-benar menyeleksi siswa yang memang harus lulus atau mengulang kembali. Berdasarkan Pasal 72 Ayat (1a) PP No.32 Tahun 2013 ini khusus untuk peserta didik dari SD/MI/SDLB atau bentuk lain yang sederajat, dinyatakan peserta didik lulus setelah memenuhi ketentuan pada Ayat (1), yaitu; a. Menyelesaikan seluruh program Pembelajaran; b. Memperoleh nilai minimal baik pada penilaian akhir untuk seluruh mata pelajaran; c. Lulus ujian sekolah/madrasah. Untuk jenjang SD/MI/SDLB tidak ada ketentuan lulus Ujian Nasional.

Itulah segelintir dari isi PP No.32 Tahun 2013 yang salah satu isinya menyatakan penghapusan ujian nasional untuk jenjang sekolah dasar. Bagi yang ingin mengunduh secara lengkap bisa langsung isi dari PP No.32 Tahun 2013 silakan unduh melalui link dibawah ini :

download

Namun bagi yang hanya ingin membaca PP No.32 Tahun 2013 silakan baca dibawah ini :

Category: CoretanKuTags:
author
Seorang guru di pinggiran Kalimantan Selatan tepatnya di kecamatan Daha Selatan, Kab. Hulu Sungai Selatan. Mengajar di SMPN 4 Daha Selatan. Untuk mengenal atau pasang iklan di blog ini silakan kirim email ke shaleh17@gmail.com